4 Kesalahan Yang Sering Anda Lakukan Saat Mengeksfoliasi Wajah

4 Kesalahan Yang Sering Anda Lakukan Saat Mengeksfoliasi Wajah

Sepihak dari kalian barangkali tengah asing dengan sebutan eksfoliasi. Ya, eksfoliasi adalah perawatan wajah dengan mengangkat sel kulit mati. Tujuannya agar kulit tetap cerah dan tidak kusam karena sel kulit mati yang terus menumpuk. Anda bisa menggunakan scrub atau dengan produk chemical exfoliating khusus untuk perawatan kulit ini.
Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam membuang sel kulit mati dengan melakukan eksfoliasi. Apa saja kesalahan ini? Apakah Anda sering melakukan salah satunya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kesalahan dalam perawatan wajah dengan membuang sel kulit mati

  1. Tidak rutin atau terlalu sering melakukan eksfoliasi

Setiap hari, kulit tubuh, termasuk wajah, akan mengalami regenerasi. Sel kulit yang lama akan tergantikan dengan yang baru. Exfoliating adalah salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati. Selain membersihkan, eksfoliasi juga merangsang kulit untuk memproduksi kolagen yang menjaga tekstur kulit tetap kencang.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan eksfoliasi secara rutin. Tetapi ingat, begitu langka tidak hendak mempengaruhi besar pada kulit kalian. Sedangkan eksfoliasi yang terlalu sering dan berlebihan, baik saat menggosokkan scrub pada wajah maupun menggunakan terlalu banyak pembersih kimia dapat berdampak buruk pada kulit. Jika Anda mengalami kemerahan atau sensasi menyengat yang tidak biasa, segera temui dokter.
Dilansir dari Women’s Health Magazine, seberapa sering Anda melakukan eksfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit Anda, yaitu:

  • Kulit sensitif lakukan minimal satu hingga dua kali seminggu
  • Kulit normal dan kombinasi lakukan tiga kali seminggu.
  • Kulit berminyak lakukan sebanyak lima kali eksfoliasi. kali seminggu.

Namun, Anda harus menghindari pengelupasan jika kulit Anda mengalami masalah. Misalnya, saat kulit Anda berjerawat dan kondisinya sangat meradang.

  1. Hanya perhatikan area tertentu saat pengelupasan
See also  Acer Aspire ES1-432CPU, Laptop Hebat Untuk Webinar

Semua bagian wajah pasti menghasilkan sel kulit mati. Sayangnya, Anda lebih condong ke dahi, hidung, dagu, dan pipi. Itu sebabnya Anda mungkin melakukan pengelupasan kulit lebih sering atau ekstra ekstra.
Sementara itu, seluruhnya wilayah muka harus mendapati pemeliharaan yang sepadan. Jadi, jangan lupakan area wajah Anda yang lain karena Anda terpaku pada membuang sel-sel mati di zona T saja.

  1. Lupa menggunakan tabir surya atau moisturizer

Exfoliating yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, artinya mengangkat lapisan kulit terluar. Kondisi ini membuat kulit lebih sensitif, terutama terhadap sinar matahari. Sesungguhnya memanfaatkan tabir surya memberikan proteksi kulit kala kalian melaksanakan kesibukan di luar ruangan. Setelah pengelupasan, memakai tabir surya sangat penting. Bukan pilihan tapi keharusan.
Mengapa? Krim ini mencegah kulit Anda terbakar dan meradang akibat sinar matahari yang mengenai kulit sensitif Anda. Jadi, jangan lupakan krim tabir surya saat keluar rumah. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah melakukan eksfoliasi agar kulit tetap lembap.4 Kesalahan Yang Sering Anda Lakukan Saat Mengeksfoliasi Wajah

  1. Jangan ragu menggunakan bahan kimia khusus untuk eksfoliasi

Selain menggunakan scrub, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan kimia. Namun, kebanyakan orang masih takut menggunakan bahan ini, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Padahal, bahan kimia khusus untuk pengelupasan kulit seperti asam alfa hidroksi, asam salisilat, asam beta-hidroksi, asam glikolat, dan retinoid paling aman digunakan dibandingkan scrub yang cenderung keras.
Hanya saja Anda harus memahami betul bagaimana kondisi kulit Anda terlebih dahulu sebelum memilih bahan kimia yang akan digunakan. Lebih baik lagi, jika Anda menggunakan exfoliator berbahan kimia di bawah pengawasan dokter.

Check Also

Review: Smartband F1, Alternatif Termurah Untuk Menemani Jogging

Review: Smartband F1, Alternatif Termurah Untuk Menemani Jogging

Smartband F1 – Apakah Anda mencari smartband alternatif yang murah? Smartband F1 mungkin tepat untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Comments

No comments to show.