Cara Daftar IMEI iPhone dengan Cara Mudah

Cara Daftar IMEI iPhone dengan Cara Mudah

Cara Daftar IMEI iPhone dengan Mudah – Ponsel iPhone yang berasal dari Pasar Gelap (BM) Per 18 April 2020, mereka diblokir secara hukum melalui IMEI oleh pemerintah Indonesia.
Pasalnya, beberapa pengguna yang membeli iPhone dari luar negeri harus segera mendaftarkan IMEI ke pihak Bea Cukai.
Bagi pengguna yang ingin membeli ponsel iPhone dari luar negeri, pemerintah menyarankan untuk melakukan tes terlebih dahulu apakah nomor IMEI tersebut belum terdaftar atau belum.
Pengujian dapat dilakukan melalui laman imei.kemenperin.go.id. Dan perlu anda ketahui, fitur yang tidak terdaftar akan langsung di lock dan tidak akan mendapatkan layanan jaringan.
Lalu, bagaimana dengan regulasi yang sudah berlaku sehingga pengguna tidak bisa lagi membeli iPhone dari luar negeri untuk digunakan di Indonesia? Jangan khawatir, itu bisa dilakukan.
Syaratnya dengan melakukan registrasi atau registrasi IMEI terlebih dahulu pada fitur yang telah dibeli di luar negeri.

Kriteria Sebelumnya Mendaftarkan IMEI iPhone

Sebelum memasuki cara daftar IMEI iPhone, ada beberapa syarat penting yang harus Anda perhatikan. Seperti yang saya kutip dari akun Twitter Bea Cukai, ketentuannya sebagai berikut:

  1. Pendaftaran IMEI tidak dipungut biaya. Namun untuk barang bawaan, peraturan impor yang sama berlaku sesuai ketentuan undang-undang.
  2. Setiap orang secara optimal hanya bisa melakukan hand carry berupa 2 fitur handphone yang bisa didaftarkan IMEI.
  3. Barang penumpang yang dapat diberikan pembebasan pajak, jumlah yang optimal sebesar $500 untuk setiap penumpang.
  4. Penginputan data yang telah dilakukan melalui situs Formulir Pendaftaran IMEI sebaiknya dilakukan sebelum keberangkatan (ke Indonesia) untuk mendapatkan QR Code dan Registration ID.
  5. Nah itu tadi beberapa kriteria yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, lalu bagaimana cara mendaftarkan IMEI iPhone kamu ke pihak Bea Cukai secara online?
See also  Review COGNOS DZ09 Smartwatch

Cara Daftar IMEI iPhone Dari Luar Negeri Dengan Mudah

Proses pendaftaran IMEI iPhone yang dibeli dari luar negeri dapat dilakukan melalui halaman website Formulir Pendaftaran IMEI yang mana Bea dan Cukai bertindak sebagai gugus tugas.
Seperti yang saya kutip dari akun Instagram Fraksi Bea Cukai, ada banyak proses yang penting dipahami untuk mendaftarkan IMEI iPhone yang dibeli dari luar negeri. Yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, Anda terlebih dahulu membuka halaman Registrasi IMEI dari Bea Cukai
  • kemudian mengisi sejumlah formulir yang tersedia. Mulai dari Data Pribadi pengguna, Data Daftar Barang hingga verifikasi transportasi.
  • Setelah Anda mengisi formulir dengan benar dan benar, Anda akan mendapatkan QR Code dan ID pendaftaran.
  • QR Code dan Registration ID tersebut nantinya akan digunakan untuk proses konfirmasi atau registrasi ke Bea dan Cukai.
  • Setelah barang sampai di Indonesia baik (di dermaga, bandara atau tempat lainnya), silahkan menuju ke tujuan pencarian Bea Cukai.
  • Selanjutnya, tampilkan QR Code dan Registration ID yang telah Anda peroleh sebelumnya. Data
  • sudah benar, maka proses registrasi IMEI iPhone sudah berhasil.
  • Selesai

Bagaimana Dengan Wisatawan Asing?

Ponsel iPhone milik wisatawan asing yang menggunakan Sim Card luar negeri menurut pihak Bea dan Cukai tidak perlu melakukan proses registrasi IMEI.
Namun, jika Anda menggunakan Kartu Sim Indonesia, Anda dapat mendaftar di outlet operator telekomunikasi untuk mendapatkan akses layanan selama 90 hari.Cara Daftar IMEI iPhone dengan Cara Mudah

Bagaimana Dengan Ponsel yang Dikirim Melalui Paket?

Terkait hal tersebut, pihak Bea dan Cukai juga menjelaskan secara detail terkait ponsel iPhone yang dikapalkan dari luar negeri menggunakan jasa transportasi.
Ponsel iPhone yang dibeli dari luar negeri untuk kemudian masuk ke Indonesia melalui jasa pengiriman, proses pendaftaran IMEI dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman.

See also  Asli, Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Ratusan Ribu Setiap Hari

IMEI

Tidak Terdaftar Jika memang IMEI iPhone Anda tidak terdaftar melalui laman imei.kemeperin.go.id, namun sudah aktif dan pernah menggunakan jaringan gadget Indonesia sebelumnya pada tanggal 18 April 202o
Berarti iPhone Anda masih aman dan Anda tidak perlu melakukan IMEIIiPhone. Karena fitur yang Anda miliki tidak akan diblokir dan tidak terpengaruh karena peraturan baru ini.
Regulasi baru ini hanya berlaku untuk iPhone yang dibeli dari luar negeri setelah tanggal 18 April 2020.
Nah, itu tadi tadi kajian terkait cara daftar IMEI iPhone dengan cara mudah yang sudah saya pelajari selengkapnya, bagaimana bisa memahami regulasi baru tersebut?
Jadi, semoga konten ini bisa sangat bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa untuk membagikan kesempatan ini agar pengguna iPhone lainnya juga mengetahuinya.

Check Also

Ulasan HONOR Band 5 – Smartband Lengkap dengan Harga Terjangkau

Ulasan HONOR Band 5 – Smartband Lengkap dengan Harga Terjangkau

Review HONOR Band 5 – HONOR Band 5 sebagai smartband terbaru dari Honor yang memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Comments

No comments to show.